Trend Marketing di Tahun 2011

Friday, April 1st 2011. | Tips Trik Marketing

Di dunia ini tidak ada yang kekal. Kecuali perubahan itu sendirilah yang kekal. Perubahan pasti ada. Termasuk perubahan pola marketing dan bisnis. Apalagi di zaman sekarang ini, dimana perubahan bisa terjadi lebih cepat, lebih mengagetkan buat yang belum siap, lebih mematikan buat yang tidak siap dan bisa bikin efek lumpuh total bila tidak mau berubah. Duchhh.. seru ya bahasa yang saya gunakan untuk menggambarkan betapa perubahan bisa mengubah segalanya. Pilihannya, apakah kita mau berubah? Ataukah menunggu perubahan mengubah kita? Atau malah tidak berubah? Tau Dinosaurus?Binatang Berbadan Gede ini sekarang tidak ada lagi, sudah punah sejak ribuan atau jutaan tahun lalu. Mau tau kenapa? Karena Dinousaurus sulit untuk berubah, mengecilkan badannya, dimana sekarang semuanya serba kecil. Kecil-kecil cabe rawit. Nah, bagaimana perubahan di dalam dunia marketing di tahun 2011 ini yang sudah memasuki setengah bulan ke-empat? Saya coba sharingkan dari apa yang saya pelajari dan alami. Namun, jangan percaya mentah2 apa yang saya tulis, bisa jadi benar, namun bisa jadi juga kurang benar. So, jangan langsung dimakan mentah, dimasak dulu, dicocol dengan sambal boleh juga dech.. 🙂 Oke. Apa saja trend marketing di tahun 2011 ini? dan bagaimana itu bisa dimanfaatkan oleh pemirsa untuk mengambil profit…. Saya ungkap di sini..

Seiring kemajuan perkembangan tehnologi, terjadi juga perubahan besar di dunia marketing. Konsumen sekarang ini tidak bisa lagi disamakan seperti dulu, yang hanya menerima informasi. Konsumen sekarang ini aktif mencari informasi dan tidak ingin diperlakukan hanya sebatas konsumen. Era promosi dulu yang hanya bersifat satu arah, yaitu dari produsen ke konsumen, dimana konsumen hanya sebagai penerima informasi, sudah berlalu. Konsumen merasa perlu dilibatkan, merasa senang dilibatkan, juga memberikan pendapat, dari awal proses hingga terjadinya penjualan. Coba amati beberapa perusahaan otomotif menerapkan hal ini. Ini merupakan salah trend marketing yang terjadi di tahun 2011 ini.

Makin murahnya tehnologi dan makin mudahnya akses, ditambah web-web social media yang ada dan terus berkembang, juga menimbulkan meningkatnya online marketing. Beberapa perusahaan, baik skala mikro, kecil dan menengah hingga besar memanfaatkan facebook dan twitter untuk membangun dan mengembangkan brand, membangun komunitas pengguna produk sehingga menjaga hubungan dengan konsumen dan juga bisa melibatkan konsumen lebih aktif. Peran online marketing ini mempunyai efek viral yang bisa meningkatkan promosi dengan biaya murah. Namun, juga perlu diwaspadai, internet bisa mengakibatkan efek negatif juga bila hal yang diciptakan atau terjadi adalah hal negatif. Bila dimanfaatkan dengan tepat, social media ini bisa mempercepat perkembangan marketing bisnis. Nah, ini sedikit uraian perubahan trend marketing di tahun 2011 ini. Masih ada banyak hal lainnya, atau mungkin pemirsa punya pendapat? Silahkan disharingkan juga di sini..

Kata Pencarian (Keywords) lain yang dipakai dalam menemukan artikel ini:

bisnis yang lagi trend 2011,trend usaha 2011,tren dalam praktik pemasaran,usaha yang lagi trend 2011,TREND WIRAUSAHA 2011,usaha trend 2011,trend usaha,trend kewirausahaan,trend marketing,tren dalam praktek pemasaran,trend dunia pemasaran,trend usaha tahun 2011,peluang usaha trend 2011,trend dalam praktek pemasaran,usaha trend,trend wirausaha di dunia,peluang usaha tren 2011,tren penting dalam praktek pemasaran
tags: , ,