Salah satu Faktor Penyebab Gagalnya Sebuah Bisnis

Wednesday, December 1st 2010. | Buka Pikiran dan Sikap Wirausaha

Aha.. Pakabar Pemirsa? Jumpa lagi di UniversitasBisnis.com, tempat belajar Wirausaha Sukses. Hari ini kita akan ngobrol seputar pengalaman saja, jadi saya tidak mengajari pemirsa, hanya sharing saja. So, jangan langsung terima mentah-mentah, tapi digodok, dimasak, digoreng dulu, baru dimakan. Haha.. Emangnya empek empek apa..ha.. Oke. Ini merupakan bagian penting dari suksesnya sebuah usaha atau bisnis. Banyak orang sering melakukan kesalahan ini, dan saya harap buat yang membaca artikel ini tidaklah melakukan hal yang sama. Apalagi yang sudah jatuh, terus masih mengulang jatuh di lobang yang sama, ini namanya TERLALU. Kalo jatuh di lobang yang laen, dalam membangun usaha, itu normal dan wajar. Oke, inilah faktor penting yang sering juga menyebabkan gagalnya sebuah bisnis atau usaha di awal buka usaha.

Saya ilustrasikan dengan cerita aja dech.. Seorang pemanah juara Olympiade kita undang untuk memperlihatkan kemampuannya. Akhirnya si pemanah ini datang dan membawa panah dan busur terbaiknya. Terus kita minta ia memperlihatkan kemahirannya… Ya, Silahkan memanah… (Tapi kita gak kasih target panahnya, gak ada papan target).. Akhirnya si pemanah bingung. Mana yang mau dipanah. Nah, seringkali dalam memulai usaha, orang lupa menentukan siapa target pasarnya, alias target konsumennya. Seperti yang pernah saya sharingkan di majalah online MoBiLe IneM, memulai usaha apabila telah punya produknya, haruslah menentukan target marketnya. Atau sebaliknya, apabila sudah ada target marketnya, maka temukan produk yang sesuai.

Misal, ini kita bahas soal pempek.. Haha.. contoh nyata soalnya, ini salah satu usaha yang Anton Huang kembangkan. Ada yang bilang pempek Lince harganya kemahalan. Ya, tergantung. Dengan harga jual ke konsumen berkisar 3000, harga ini relatif. Kalau dibandingkan dengan harga 1000, tentunya jadi mahal. Tapi kalau dibandingkan harga 4000, tentunya jadi murah. Lagian juga ada harga ada mutu. Rasa dan kualitas dijamin. haha.. Saya promosi nich..Jadi target pasar atau konsumen pempek lince adalah menengah ke atas. Ini kalau di ilmu marketing, namanya Targetting. Nah, dengan tau siapa target, kita akan lebih mudah mengarahkan pemasaran. Pemasaran yang tepat akan menghasilkan omzet yang tepat.

Targetting perlu sekali, khususnya bagi yang tidak pernah mempunyai pengalaman sama sekali. Akan sulit membidik semua pasar, tanpa mempunyai sasaran tertentu. Ingat, cerita si pemanah jagoan tadi. Yang jagoan saja bakal bingung kalau tidak ada papan targetnya. Jadi, sudahkah menentukan target pasar usaha anda?

Kata Pencarian (Keywords) lain yang dipakai dalam menemukan artikel ini:

penyebab gagalnya sebuah usaha,penyebab gagalnya usaha,faktor penyebab kegagalan usaha,faktor penyebab kegagalan pasar,penyebab gagalnya bisnis,penyebab kegagalan suatu usaha,faktor-faktor yang menyebabkan orang sukses dalam wira usaha,penyebab gagalnya pasar,hal-hal yang bisa menyebabkan gagalnya sebuah usaha,faktor penyebab gagalnya wirausaha,gagalnya berwirausaha,gagalnya usaha,faktor penyebab wirausahawan sukses,faktor-faktor yang menyebabkan kegagalan usaha,FAKTOR-FAKTOR YANG MENYEBABKAN PERSAINGAN DALAM USAHA PERHOTELAN,penyebab gagalnya strategi manajemen,penyebab gagalnya suatu perusahaan,Penyebab gagalnya wirausaha
tags: , , , , , ,