Punyaku Kecil, Jadi Malu..

Friday, March 23rd 2012. | Kiat dan Rahasia Wirausaha Sukses

Aha… Bagaimana judul artikel ini? Punyaku kecil jadi malu… Ehmmm.. Lantas apakah punyamu besar? Dibangga-banggain gitu?!! Ya, banyak orang malu karena punyanya kecil, sehingga mereka menjadi tidak PD ketika ditanya, apalagi ngomong. Ini yang sering saya tanyakan ke orang-orang, dan mereka dengan kurang pede, suara perlahan setengah berbisik, bilang : ” ehhmmm.. anu pak… masih kecil…” Ya mereka merasa saking kecilnya, jadi malu dipromosikan, bahkan malu untuk diucapkan apalagi diperlihatkan. Ya, sebetulnya ngapain malu kalo kecil atau masih kecil, toh bisa dibikin besar kan. Juga bisa dibikin panjang.. Ada banyak ahlinya kok yang bisa bikin besar dan panjang, bahkan banyak. Jadi, apakah punyamu kecil? besar? atau jangan-jangan malah gak ada “anu”? Eitsss… kita ngomong apa nich? Ya, yang pasti, sesuai web ini, UniversitasBisnis.com, web belajar wirausaha, bisnis, tentunya ngomong hal yang berkaitan dengan itu, bukan dengan anu-anu. Haha.. Mari kita bahas lanjut…

Ya, banyak orang ditanya, apa bisnismu? Mereka menjawab : “Ehhmmmm.. anu pak, bisnis kecil-kecilan sich pak..” sambil ngomongnya berbisik-bisik, pelan, malu.. takut kedengeran kalo Punyanya Kecil. Hehe.. Coba kalau bisnisnya besar, mereka akan bilang seperti ini : “Bisnis Kontraktor pak! Main di Proyek Pemerintahan”.. Wowww… keren banget kan. Kontraktor.. (mereka gak tau, kalo usaha saya dulunya itu Kontraktor, abis kontrak pindah kantor, haha.. usaha yang saya jalani bukanlah usaha yang punya kantor besar, mentereng, malah gak punya kantor kalo saya bilang.. dulu saya merintis usaha gak pake kantor). Ya, ada banyak yang gak pede, padahal sudah punya usaha loch, tapi malu atau besar malu, hanya karena usahanya masih kecil. Padahal, sesungguhnya, usaha besar itu asalnya dari yang kecil juga loch. Banyak pengusaha besar dulunya memulai dari usaha kecil. Dan itu yang suksesnya bertahan lama.

Nah, bagi yang punyanya kecil, eitsss.. punya usaha kecil, gak perlu malu. Ya gak?!! Gak pa pa usahanya masih kecil atau tetap kecil. Yang penting dah punya usaha. Ya Kan?!! Daripada yang baca artikel ini, belum tentu punya usaha. Bisanya komentar aja, ngomentari orang, kasih pendapat, kasih kritik lagi, padahal belum punya usaha, belum pernah dan belum punya. Gak masalah usahanya masih kecil. Coba lihat nyamuk, walau kecil, berbahaya loch. NYamuk bisa menggigit presiden yang sudah dikawal oleh pasukan pengaman paspampres. Ya, Kecil bisa gigit loch. Nyamuk kalo gigit gajah bahkan bisa mati!! Bener!! Gajah bisa dibuat menggigil, ya demam. Kalo nyamuk yang gigitnya nyamuk demam berdarah. Haha.. Nah, mari kita belajar bahwa yang kecil pun bisa bikin jadi miliarder. Yang kecil justru lebih bertahan terhadap krisis.

Saya punya guru sukses yang jualan mie instan. Bayangkan, jualan mie instan berapa untung 1 bungkusnya? paling beberapa ratus rupiah. Anggap saja 100 rupiah per bungkus. Tapi berapa juta penduduk Indonesia konsumsi mie instan setiap harinya? Penduduk Indonesia ada 250an juta jiwa. Anggap saja, 1 persennya saja, jadi 2 jt orang per harinya konsumsi mie instan. Berapa tuh jadinya? 200 juta rupiah loch.. Ini contoh saja loch ya.. Misalkan. Angka pastinya sy gak tau. Jadi hanya contoh. Buat yang mau bantah saya, dengan kasih angka2 statistik, penelitian, mau debat, sorry, sy orangnya gak jago debat!! Saya ngaku kalah kalo debat2an, protes2an.. saya ngaku kalah dech, ambil menangnya buat yang suka debat, saya bisnis aja.. Haha..

Nah, ini contoh nyata. Di tanah air kita, mungkin pernah denger usaha kebab, keripik ketela, dan lain sejenisnya. Salah satu pemilik usaha Kebab, mengakui punya 1000 gerobak/booth. Dari satu gerobak, ia mempunyai penghasilan 1-2 juta. Nah, Silahkan hitung sendiri dech penghasilannya, buat yang suka itung-itung. Saya gak suka itung-itung, sukanya duitnya aja, jadi silahkan ambil itungannya, saya ambil duitnya. Haha..

So, gimana sharing saya ini tentang yang kecil. Masih malu punyanya kecil?

 

 

Kata Pencarian (Keywords) lain yang dipakai dalam menemukan artikel ini:

punyaku kecil,punyaku besar,lihat punyaku,punya ku kecil,tips usaha besar,lihat punyamu,memulai merintis usaha kecil,Punyanya kecil,tips usaha kecil menengah,belajar jadi kontraktor kecil kecilan,punyamu kecil,punyaku kecil tapi panjang,punyaku blum besar,punyaku panjang kecil,malu anu kecil,punyaku masih mungil malu tante,punyamu yang besar,punyamubesar