Pemirsa Seorang Karyawan? Inilah Cara Aman Memulai dan Memiliki Bisnis

Sunday, October 3rd 2010. | Buka Pikiran dan Sikap Wirausaha

Ngomong soal berwirausaha atau berbisnis, banyak orang ingin masuk ke bidang penghasilan ini, termasuk dari kalangan karyawan ataupun profesional. Kalangan karyawan bisa juga menjadi wirausaha sukses. Ada banyak juga kisahnya. Sebagian besar memulainya selagi masih berkarir di dunia kerja. Rata-rata yang menjadi kendala adalah soal waktu, ini alasan yang diungkapkan oleh banyak orang dari kalangan karyawan ketika ditanyakan. Sebetulnya, bukan soal alasan. Yang utama, apakah alasan tadi alasan penguat atau alasan pelemah. Ada karyawan yang justru memulai usaha dengan alasan karena tidak punya waktu yang banyak, makanya sambil bekerja, ia membangun usaha di luar jam kerjanya, karena ia mempunyai impian alias berkeinginan kuat memiliki waktu luang di kemudian hari. Dengan mengatur waktu dan mengelola waktu-waktu yang tidak efektif, tentunya butuh pengorbanan mengurangi waktu senang-senang setelah jam kerja (waktu non produktif), ia mampu membangun usaha sambil tetap bekerja. Di sisi lain, ada orang-orang, ehhm…. bukan pemirsa loch ya.. saya gak nyindir siapapun di artikel ini.. Orang-orang yang selalu berkutat dengan alasan, yang selalu mempunyai alasan agar ia tidak dapat berusaha, agar ia tetap pada kondisinya, dan selalu menyalahkan kondisinya. Orang-orang ini selalu fokus pada alasan penghambat, malah mencari-cari alasan yang terus menghambat dirinya.

Saya ingat pepatah dari para tetua sesepuh saya di Perguruan Shaolin, hahaha.. emangnya saya lulusan Shaolin apa… Begini petuahnya : ” Ada banyak jalan menuju ke Roma”. Artinya, selama ada keinginan, selalu ada jalan. Inilah mindset yang selalu saya tekankan pada pola pikir saya. Nothing Impossible!! Tidak ada yang tidak mungkin. Fokusnya adalah selalu ada jalan. Toch.. Tuhan YMK akan selalu memberikan jalan kok..  Wah..jadi panjang ini.. oke.. di awal ini untuk mencuci otak-otak yang menghambat pikiran dari yang baca!! Haha.. bukan saya menyinggung loh ya.. Kita kembali ke topik cara yang aman memulai usaha dan memiliki bisnis bagi karyawan. Bagaimana caranya?

Ada beberapa profil pengusaha yang sukses dengan menjadi intrapreneur. Ehmm.. Kalo istilah entrepreneur ini sudah umum. Nah intrapreneur ini adalah entrepreneur yang memulai usaha dengan tetap bekerja. Ia memulai usahanya dari melihat kebutuhan yang ada di tempat kerjanya. Ehmm… tentunya haruslah tidak bertentangan dengan peraturan kerja di perusahaan tempat ia bekerja. Misalnya di perusahaan tempat bekerja itu membutuhkan barang-barang aksesoris kantor, seperti parfum ruangan, tissue, dan lain-lain. Nah, bisa memulai dengan menjadi supplier dari perusahaan untuk kebutuhan barang-barang ini. Jadi sudah pasti ada pembelinya dan lebih mudah mengontrolnya. Atau seperti ada seorang bapak yang bekerja di Perusahaan kertas terbesar di Sumatera. Ia tau kalo perusahaan tempat ia bekerja membutuhkan truk-truk pengangkut kayu. Ia pun memberanikan diri membeli truk dengan kredit terus menyewakannya pada perusahaan. Ia menebeng izin perusahaan lain (perusahaan sewa truk temannya) untuk hal ini. Ini contoh lainnya.

Ada banyak cara lainnya memulai dan memiliki usaha buat yang karyawan. Tidaklah harus berhenti bekerja. Yang penting punya kemauan kuat dan mau berusaha lebih keras daripada karyawan pada umumnya yang hanya mengandalkan gaji. Namun, seperti pepatah yang saya pelajari dari para orang sukses : “Ketika anda melakukan sesuatu yang tidak dilakukan oleh orang kebanyakan, Anda juga akan mendapatkan yang tidak didapatkan oleh orang kebanyakan.” Ehmmm kata mutiara motivasi ini berpengaruh besar dalam kehidupan saya. Dan saya ingat lagi kata-kata yang saya dapatkan dari orang sukses lainnya, dia bilang kalau Orang Kaya atau Orang Sukses itu adalah Orang Minoritas, Orang yang jumlahnya sedikit… Ehmmm kalo dibalik, orang kebanyakan itu adalah Orang yang … Miskin.. So, lebih enak jadi orang sedikit, yang mungkin diliat bagi orang kebanyakan, kita orang-orang yang sedikit ini seperti orang gila. Daripada seperti orang waras. Hahaha… Ngawur Dechhhh… Yah, Pemirsa sendiri pilih mana : Mau dibilang seperti Orang Gila atau dibilang seperti Orang Waras?

Oya, Pesan Sponsor : Miliki Video Modul Sukses Wirausaha, liat infonya di www.AntonHuang.com/modulsukseswirausaha.

Kata Pencarian (Keywords) lain yang dipakai dalam menemukan artikel ini:

usaha untuk karyawan,usaha karyawan,bisnis kreditan,usaha yang aman,usaha aman,cara bisnis kredit barang,karyawan sambil berwirausaha,usaha kredit barang,memulai usaha sambil bekerja,usaha buat karyawan,cara aman memulai bisnis,karyawan sambil usaha,karyawan sambil wirausaha,menjadi karyawan sambil berwirausaha,usaha untuk pegawai,usaha bagi karyawan,wirausaha yang aman,usaha kreditan
tags: , , , ,