Peluang Usaha atau Peluang Bisnis Untuk Mahasiswa

Sunday, December 5th 2010. | Buka Pikiran dan Sikap Wirausaha

Untuk memulai usaha atau menjadi wirausaha tidaklah harus menunggu tamat kuliah. Inilah kelebihan bidang karir yang satu ini. Bahkan banyak beberapa pengusaha sukses tidak berlatar tamat kuliah. Bisa kita lihat dari Bill Gates, salah seorang terkaya di dunia, ia merupakan orang yang tidak tamat. Ia memulai usaha selagi menjadi mahasiswa. Nah, peluang usaha atau bisnis apa saja yang bisa dijalankan oleh seorang mahasiswa? atau bahkan pelajar? Akan coba disharingkan di web UniversitasBisnis.com ini, Universitas Online Belajar Wirausaha.

Ada banyak bidang usaha yang bisa dijalankan oleh seorang mahasiswa. Baik yang bermodal besar ataupun bermodal kecil, dan juga bermodal dengkul. Yang bermodal dengkul misalnya terima jahitan, hehe.. kan dengkulnya bergoyang. Haha.. Just kidding, guyon ya.. Saya (Anton Huang) pernah mahasiswa dan pelajar juga. Ada beberapa teman saya yang sudah memulai usaha sambil kuliah, bisa membiayai kuliahnya, bisa membeli buku, komputer, bahkan kendaraan pribadi baik motor ataupun mobil selagi masih kuliah. Ada juga yang sudah bisa membeli tanah dan rumah menjalankan usaha sambil kuliah (yang mana yang anda pilih : bisnis sambil kuliah ataukah kuliah sambil bisnis??). Beberapa bidang peluang usaha buat mahasiswa atau pelajar antara lain memberikan les atau membuka bimbingan belajar. Ini bisa dilakukan sambil tetap kuliah, tinggal atur waktunya saja, fleksibel kok. Yang penting MAU!!

Selain itu, ada banyak pilihan. Pemirsa bisa berjualan pulsa ataupun makanan di kampus. Yang penting, teman-teman beli tetap harus bayar, kontan, gak pake utang. Jadi bisnis bisa jalan. Nah, bagi yang kuliahnya campur dengan orang-orang yang sudah bekerja, atau banyak teman kuliah yang dari kalangan bekerja (bagi yang gak punya teman, ya cari, masuk ke pergaulan baru, sehingga beragam temannya), pemirsa bisa memulai usaha di bidang jasa pengetikan, bikin ringkasan buku terus dijual. Peluang usaha ini pernah dijalankan oleh seorang tokoh sukses di bidang management (yang pernah dapat julukan Manager 1 Milyar), ia membuat ringkasan dan kesimpulan dari buku kuliah yang tebal-tebal, dan menjualnya, sehingga bisa menambah uang kuliahnya di UI waktu itu.

Bagi pemirsa “maha”siswa yang kreatif, bisa memulai usaha di bidang peluang usaha bisnis berbasis kreatif. Wowww… ada banyak peluang di sini. Pemirsa bisa buka usaha jasa design, apakah itu design grafis, web, animasi. Saya dulu juga pernah freelance usaha di bidang design autocad dan 3D. Ada banyak contoh wirausaha sukses di bidang ini yang berasal dari kalangan mahasiswa.

Wah, gimana kalo saya gak kreatif pak Anton? Saya ini orangnya pendiam, hobby saya baca komik. Saya kebanyakan di rumah. Saya gak bakat ngajar juga. Oww.. Jangan cemas. Yang Penting MAU!!!! Pemirsa bisa mulai usaha sewa komik. Buka rental komik. Duhh… saya gak punya tempat nich pak Anton!! Gimana yachhh… Jangan stress… Pemirsa bisa mulai dengan buat web jual komik. Duuhhh.. pak Anton, saya mah gak bisa buat web!! Jangan takut!! Ada teman-teman yang bisa buat web, ya minta jasa mereka atau kerjasama, atau belajar. Semua BISA asalkan MAU!! Ini satu lagi contoh peluang usaha bisnis buat mahasiswa atau yang lagi duduk di bangku kuliah.

Selama perjalanan hidup saya, mulai dari keluar ke dunia hingga sekarang ini, saya telah melihat dan menyaksikan, mendengar, merasakan sendiri juga, ada banyak teman saya selagi saya kuliah, mahasiswa-mahasiswa sukses, yang meraih sukses selagi kuliah. Mereka bukanlah orang-orang yang menurut saya pandai melihat peluang usaha bisnis. Namun, mereka adalah orang-orang yang kejepit, dijepit, ketekan, kepepet,  mereka adalah orang-orang yang “diperkosa” untuk mendapatkan uang agar mereka dapat kuliah atau terus kuliah. Ada yang tidak bisa masuk kuliah kalau tidak mencari uang sendiri. Saya pribadi, hahaha.. contohnya pake diri sendiri, narsis banget decchhh.. haha.. Ya, gak lah. Ini saya ceritakan dari pengalaman, jadi bukan teori, ini kisah nyata. Haha… Kayak film saja dech.. Saya “terpaksa” cari uang sejak sekolah (SMU) untuk mengumpulkan uang untuk masuk kuliah. Sejak pelajar SMA (sekarang smu), saya memberikan les buat anak-anak SD, uangnya saya kumpulin untuk ikut test UMPTN (masuk perguruan tinggi negeri), dan akhirnya lulus test, masuk kuliah, beli buku dan lain-lain, biaya kuliah, ongkos, semua dari uang yang saya dapatkan dari memberikan les. Komputer dan motor saya beli juga selagi kuliah dengan uang hasil mengajar dan sedikit dari hasil “membimbing”. Sampai tamat kuliah, biaya wisuda, dll juga dari memberikan les. Cerita ini tidak bermaksud menyombongkan diri, karena ada yang jauh lebih hebat tentunya, jauh lebih sukses, ada mahasiswa yang sudah bisa beli mobil bahkan rumah dari usaha yang dijalankan selagi kuliah.

Ada sahabat saya yang “diperkosa” (terpaksa maksudnya) untuk memulai usaha. Karena jika tidak, ia tidak akan bisa melanjutkan kuliahnya, karena orang tuanya bangkrut dan punya banyak utang. Karena niat kuat ingin melanjutkan, ia terpaksa mencari-cari peluang usaha. Ia mencoba berbagai jenis pekerjaan dan usaha. Jadi bukan ia pintar melihat peluang (menurut saya). Namun, ia tidak bisa banyak berpikir, ia terpaksa bertindak. Ia tidak punya banyak alasan (gak punya modal, gak punya banyak uang, gak punya keahlian, gak punya waktu -sibuk terus kuliah, sibuk bikin tugas.. haha.. emangnya kuliah 24 jam sehari!!! bikin tugas pagi sampai malam tiap hari!! gak ada itu, bagi orang ini, tidak ada banyak alasan), ia hanya punya SATU Alasan. Ia harus punya uang agar bisa melanjutkan kuliahnya. TITIK!!! Tanpa Koma, tanpa Kutip!! Titik!!  Ia bergerak terus, tidak diam. Inilah bedanya ia dari kebanyakan orang. Banyak Mahasiswa merasa Nyaman, merasa keren, karena status Maha (Maklum, di dunia ini, sedikit sekali yang berstatus Maha, haha..). Ia hanya tau, ia akan bisa menyelesaikan kuliah, kalau ia punya uang. Dan itu harus dilakukannya sambil tetap berkuliah. Inilah yang membuatnya menemukan peluang usaha buat dirinya yang masih mahasiswa dan ia pun berjuang jatuh bangun (bukan tidur bangun, bangun tidur, seperti kebanyakan mahasiswa pada umumnya, yang hanya kuliah-kuliah saja…hanya menadah tangan saja, terus menerus selama kuliah… Gak tau kalo orang tua bersusah payah membiayai kuliahnya. Gak sadar betapa susah orang tua berjuang untuk dirinya) Ia pun menjadi wirausaha sukses bahkan sebelum tamat kuliah.. (Duuhhh… keren kan… gak cari kerja boookkk…)

Nah, Pemirsa!!! Bagaimana? Khususnya buat yang masih kuliah alias masih Mahasiswa. Sudahkah melihat peluang usaha bisnis bagi mahasiswa setelah membaca artikel ini?

IKLAN :

Dapatkan Video Modul Sukses Wirausaha sebagai Member Premium UniversitasBisnis.com.

Kata Pencarian (Keywords) lain yang dipakai dalam menemukan artikel ini:

bisnis mahasiswa,bisnis untuk mahasiswa,usaha untuk mahasiswa,usaha mahasiswa,peluang bisnis mahasiswa,contoh wirausaha mahasiswa,bisnis buat mahasiswa,peluang usaha mahasiswa,peluang usaha untuk mahasiswa,peluang bisnis untuk mahasiswa,usaha buat mahasiswa,peluang usaha bagi mahasiswa,bisnis bagi mahasiswa,peluang usaha buat mahasiswa,contoh usaha untuk mahasiswa,usaha bagi mahasiswa,wirausaha di kalangan pelajar,contoh usaha mahasiswa
tags: , , ,