Lanjutan Kisah Sukses Lakshmi Mittal

Friday, April 23rd 2010. | Kisah Wirausaha Sukses

Nah, Pemirsa, Calon pebisnis, pengusaha, wirausaha sukses. Artikel kali ini menyambung artikel sebelumnya, tentang Kisah Pengusaha Sukses Terkaya no. 5 Di Dunia (saat artikel ini ditulis). Ya, tentang Lakshmi Mittal, Pengusaha Baja Terbesar di Dunia, yang mempunyai kekayaan senilai 32 Milyar USD atau sekitar 288 Trilyun Rupiah, yang menempati rumah mewahnya di London senilai Rp. 1 Triliun rupiah, bertetangga dengan orang-orang terkaya di dunia seperti Sultan Hasanal Bolkiah dari Brunei dan Raja Al Fahd dari Arab Saudi. Lakshmi Mittal ini sendiri merupakan orang terkaya di London, mengalahkan kekayaan Sri Ratu Inggris, pemimpin negara yang pernah menjajah negaranya Mittal yaitu India. Dan Hebatnya Lagi, Mittal ini memulai kerajaan bisnisnya dari sebuah daerah di Waru yang merupakan lintas Sidoarjo Surabaya, Indonesia. Woww… Baca lanjut kisahnya di bawah ini..

Lakshmi Mittal sendiri merupakan anak dari keluarga Mohan. Mohan ayah dari Mittal ini memberikan nama awalan Lakshmi di depan nama anak-anaknya, yang berarti Dewa Kekayaan. Mohan merupakan orang tua yang mementingkan pendidikan buat anak-anaknya, ia sadar bahwa pendidikan merupakan bekal sukses buat anak-anaknya. Untuk itu, Mohan yang tahan kerja keras, berani mengajak keluarganya bermigrasi dari tempat kelahiran mereka di sebelah barat India, ke sebelah timur India, agar anak-anaknya bisa menempuh pendidikan yang lebih baik di wilayah timur India ini. Mohan, si ayah memulai usaha di bidang baja, dengan membuat pabrik kecil. Mittal sambil kuliah, membantu ayahnya di bengkel baja. Mittal mewarisi semangat kerja keras ayahnya dan juga ia termasuk anak yang cerdas dan teliti. Sambil kuliah dan bekerja membantu ayahnya di pabrik baja milik ayahnya itu, Mittal berpikir bagaimana cara mengembangkan pabrik itu menjadi lebih besar. Namun, kondisi lingkungan berkata lain. Kondisi negaranya yang mengenakan pajak yang tinggi, hampir 97% dan adanya pembatasan kuota, memaksa Mittal berpikir mencari alternatif lain. Setelah menamatkan pendidikannya dan berkeluarga dengan anaknya yang baru berumur 1 tahun, Mittal melihat adanya peluang baru berkembang dan kesempatan besar di negara Indonesia. Ia pun memutuskan untuk merantau ke luar dari India menuju Indonesia. Keberanian ayahnya merantau dari sebelah barat ke timur India, membuat Mittal jauh lebih berani merantau ke luar negaranya. (Ehhhhmmm… guru kencing berdiri, murid kencing berlari).

Dengan membawa istri dan anaknya yang baru berumur 1 tahun, Mittal bermigrasi ke Surabaya, tepatnya di Waru Sidoarjo. Di negara kita ini, ia hanya mempunyai saudara, yaitu saudara perempuannya yang terlebih dahulu sudah datang ke Indonesia menikah dengan warga negara Indonesia keturunan India yang berwirausaha di bidang Tekstil.

Dengan segala keterbatasan bahasa, Mittal merekrut Nur Saidah, warga lokal untuk membantunya mendirikan usaha. Mittal waktu itu masih belum bisa berbahasa Indonesia dan bahasa Inggrisnya pun tidaklah sempurna. Ia mendirikan pabrik baja kecil di daerah Waru, perbatasan Sidoarjo-Surabaya (kira-kira, kenapa. Area pabriknya merupakan daerah terpencil, dimana banyak orang menyebutnya sebagai “daerah tempat jin buang anak”. Nur Saidah seorang wanita asal Surabaya ini menempuh perjalanan yang boleh dibilang berat untuk tiba di lokasi pabrik baja ini. Terkadang harus mengenakan sepatu boot karena daerah ini masih jauh dari memadai. Nur Saidah sekarang ini, menjabat sebagai Pimpinan dari PT Ispat Indo, sebuah pabrik baja di bawah naungan Mittal Corporation. Bagaimana kisah Mittal mengembangkan PT Ispat Indo ini sebagai awal dari kerajaan bisnisnya dan apa saja prinsip-prinsip suksesnya untuk pengembangan usahanya ini, silahkan ikuti bagian berikutnya…

Saya sengaja mengambil kisah sukses pengusaha India satu ini, karena ia mengembangkan awal bisnisnya dari wilayah negara kita, dari yang bukan apa-apa hingga menjadi punya apa saja, tokoh pengusaha sukses dunia, dan karakter serta kondisi kedua negara, Indonesia dan India memiliki kesamaan, sama-sama negara berkembang. Mungkin untuk selanjutnya, setelah kisah sukses Mittal ini, saya akan sharingkan kisah pengusaha sukses di Singapura, Raja Kapal di Singapura, yang berasal dari Indonesia, lebih tepatnya dari Sumatera Selatan. Yang pasti, kita bisa belajar banyak dari kisah-kisah orang sukses. Nah, pemirsa, apa yang bisa dipelajari dari artikel singkat kisah pengusaha sukses no.5 terkaya di dunia ini?

Kata Pencarian (Keywords) lain yang dipakai dalam menemukan artikel ini:

kisah pengusaha sukses dari nol,kisah sukses pengusaha,pengusaha sukses dari nol,kisah pengusaha sukses,cerita pengusaha sukses dari nol,kisah sukses pengusaha dari nol,memulai usaha dari nol,memulai bisnis dari nol,kisah sukses pengusaha indonesia,kisah pengusaha sukses di indonesia,kisah pengusaha sukses indonesia,kisah orang sukses di indonesia,cara memulai usaha dari nol,sukses dari nol,kisah sukses dari nol,langkah-langkah memulai usaha dari nol,usaha dari nol,cara pengusaha sukses
tags: , , , , , ,