Ketahui Hukum Manajemen Waktu dan Sumber Daya yang Sangatlah Berguna

Tuesday, September 21st 2010. | manajemen sumber daya

Aha.. Banyak orang cerdas tapi belum sukses. Namun, banyak orang biasa-biasa saja, tapi berhasil meraih sukses. Salah satu faktornya adalah Manajemen. Ehm.. manajemen atau management yang saya bicarakan di sini bukanlah manajemen teori ekonomi. Hukum ini sangatlah berguna. Banyak orang berubah kehidupannya setelah mengetahui dan menerapkan hukum ini. Ada orang yang sibuk sekali, tapi ternyata menghasilkan sedikit atau gak kaya-kaya. Tapi di sisi lain, ada orang yang kerjanya sedikit, tapi menghasilkan banyak. Bisa jadi karena ia tidak mengetahui hukum manajemen ini, atau kalaupun sudah tau, tidak menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Yang pasti, apa yang akan saya sharingkan di artikel ini akan bisa membawa perubahan besar dalam hal waktu dan hasil. Mau tau? Silahkan baca lanjut.

Pernah dengar hukum Paretto? Hukum ini diciptakan oleh Paretto, makanya namanya itu. Hukum ini terkenal juga dengan nama hukum 80 / 20. Karena memang isinya ya itu 80 / 20. Ada orang yang memvariasikannya jadi 90 / 10. Nah, apa artinya? Kita dalam kegiatan sehari-hari tentulah melakukan aktivitas. Nah, pernahkah menuliskan aktivitas/kegiatan apa-apa saja dalam kehidupan sehari-hari atau kehidupan seminggu? Ada sahabat saya yang kehabisan waktu, super sibuk, tapi menghasilkan gak banyak. Waktu itu, ia bilang kalo ia orangnya sibuk banget, tapi sayangnya masuk kategori SMS (Sibuk Miskin Sombong). Sombong karena jadi orang sibuk, hehe.. Nah, saya ajak ia waktu itu menuliskan semua kegiatan yang ia lakukan seharinya. Setelah ia menuliskan semua kegiatan sehari-harinya, dan hubungan kegiatan itu dengan pekerjaannya (usahanya), ternyata 80% dari kegiatan itu tidaklah menghasilkan banyak buat penghasilannya, hanya menyumbang 20% dari penghasilannya, dan malah menghabiskan sebagian besar (80% waktunya). Di sisi lain, sedikit kegiatannya, sekitar 20% dari total waktu, ternyata menyumbang 80% dari semua penghasilannya. Nah, inilah yang dimaksud hukum manajemen 80/20 atau hukum paretto. Ya, memang seperti itu. Ini tidak hanya berlaku di bidang waktu ataupun kegiatan. Namun juga di bidang lainnya.

Misalnya, dalam berwirausaha, kita pastilah mempunyai pembeli atau pelanggan. Ada 80% pelanggan yang ternyata hanya menyumbang 20% dari omzet kita, di sisi lain ada 20% pelanggan yang memberikan 80% dari omzet kita. Dan biasanya yang 80% ini banyak komplainnya, sedangkan yang 20% ini malah gak banyak komplainnya, tapi menghasilkan lebih besar. Bukan berarti kita gak mau melayani komplain, tapi pilihan, mau fokus ke yang mana. Ini berguna buat yang mempunyai usaha ataupun berhubungan dengan pemasaran.

Mungkin bagi yang menjabat pimpinan di perusahaan, sudah mengetahui hukum ini. Ada 80% karyawan yang kerjanya biasa-biasa saja atau tidak terlalu banyak menghasilkan bagi perusahaan, dan di sisi lain, ada 20% karyawan yang memberikan sumbangsih 80% buat perusahaan.

Begitu pula yang mampir di blog universitasbisnis.com ini, blog tempat belajar wirausaha sukses. Ada 80% yang mampir dan baca-baca, tanya berulang kali, namun tidak menjadi member premium (hehe… ya memang sudah hukum parettonya) dan ada 20% yang mampir, baca-baca, tanya, terus jadi member premium. Malah ada yang bukan tanya, tapi mempertanyakan, mengetes ilmu, haha.. ya, ada macam ragam orang. Tinggal pilihan, mau dikategorikan yang mana, dan difokuskan ke yang mana.

Saya sendiri setelah mengetahui hukum  manajemen waktu dan sumber daya ini, hukum Paretto, menerapkannya dalam kehidupan dan juga aktivitas kegiatan ataupun usaha. Sudahkah Pemirsa menerapkannya? Bermanfaatkah artikel ini buat Pemirsa?

Kata Pencarian (Keywords) lain yang dipakai dalam menemukan artikel ini:

hukum manajemen,manajemen hukum,sumber daya waktu,hukum managemen,hukum menejemen,waktu dan sumber daya,pengusaha sukses dalam menerapkan menejemen waktu,hukum dan manajemen,hukum manajemen 1,artikel manajemen hukum,manajemen waktu wirausaha,manajemen dan hukum,makalah manajemen hukum,hukum paretto,apa yang anda ketahui tentang hukum,manajemen waktu dan sumber daya,waktu adalah sumber daya,manajemen hukum bisnis
tags: , , , , , ,