Hindari Kesalahan Umum ini dalam Memulai Wirausaha

Perjalanan seribu langkah ke depan dimulai dengan 1 langkah pertama. Dari kata mutiara ini, kita bisa belajar bahwa untuk menjadi orang sukses di wirausaha ataupun pengusaha sukses, sudah pasti orang itu harus memulai mengambil langkah pertama. Bermimpi saja tidak cukup, punya keinginan saja tidaklah cukup. Ingin Sukses saja tidaklah akan membuat orang menjadi sukses. Jadi, buat yang sekarang masih bermimpi untuk sukses, lanjutkan dengan action, mengambil tindakan untuk mewujudkan mimpi atau impian. Tidaklah salah bermimpi, namun penting diikuti tindakan. Mimpi tanpa tindakan adalah Omong Kosong. Tindakan tanpa Mimpi adalah Tanpa Arah. Mimpi diikuti Tindakan inilah Sukses. Nah, untuk memulai wirausaha, terkadang beberapa orang melakukan kesalahan pertama di awal usahanya. Ooppss… Salah itu wajar. Gak masalah juga melakukan kesalahan. Namun, ada baiknya pemirsa sebagai calon orang sukses, mengetahui point ini agar tidak salah di awal. Apakah itu?

Orang kebanyakan memulai wirausaha berdasarkan apa yang ia sukai untuk lakukan. Misalnya, ia mempunyai hobby memasak, maka ia memulai wirausaha di bidang makanan. Ehmm.. ini tidak salah. Bagus sekali memulai usaha di bidang yang sesuai hobby. Namun, sebelumnya, mari kita pelajari dulu apa salah satu mindset tentang Bisnis.

Bisnis adalah menghubungkan antara kebutuhan dengan penyuplai. Dan Bisnis akan bisa menghasilkan keuntungan (Ya, bisnis sudah jelas, haruslah mendatangkan keuntungan buat pelakunya) apabila adanya margin. Nah, kita kembali ke contoh tadi, seseorang yang memulai wirausaha di bidang makanan, tentunya ia haruslah menemukan siapa yang membutuhkan hasil dari bisnisnya, yaitu makanan. Siapa calon konsumen dia? Ini yang harus ia cari dan bangun. Banyak pelaku wirausaha baru memulai usahanya dari hobby, namun tidak menawarkan pada orang yang tepat alias tidak menemukan orang-orang yang merupakan calon konsumennya. Dengan modal semangat karena usaha dari hobby, namun tanpa mendapatkan konsumen yang tepat, tentunya semangatnya akan kendor duluan sebelum mendapatkan calon konsumen.

Nah, saran saya, apabila ingin memulai sebuah wirausaha, khususnya bagi yang baru, temukan dulu konsumennya. Calon konsumen ini bisa pemirsa sendiri yang cari dan bangun, atau bisa juga menggunakan pihak lain yang sudah mempunyai jaringan yang bisa menjadi calon konsumen dari usaha yang akan pemirsa bangun.

Lebih detail penjelasan tentang ini, saya ceritakan di Video Modul Sukses Wirausaha, dengan 3 Jurus “Memancing Ikan”.

Kata Pencarian (Keywords) lain yang dipakai dalam menemukan artikel ini:

memulai wirausaha,orang sukses dalam usaha,cara memulai wirausaha,pengusaha sukses di bidang wirausaha,memulai kewirausahaan,orang-orang sukses membuka usaha,kiat kiat pengusaha sukses,,KIAT PENGUSAHA,kiat wirausaha sukses,orang sukses dalam bidang wirausaha,orang-orang sukses di bidang kewirausahaan,panduan sukses dalam usaha,orang yang berhasil dalam melakukan usahanya,orang yang sukses dalam berwirausaha,orang sukses dalam wirausaha,kiat-kiat orang sukses dalam usaha,orang-orang yang sukses dalam usaha
tags: , , , , ,