Cara Presentasi yang Amazing Powerful dan Mempengaruhi dari Steve Jobs

Sunday, December 18th 2011. | Tips Trik Marketing

Halo lagi pemirsa, pembelajar bisnis dan wirausaha di UniversitasBisnis.com. Kalo di artikel sebelumnya belajar marketing dari Steve Jobs, sekarang kita akan belajar lagi dengan Steve Jobs (walau sekarang ini orangnya sudah almarhum), kita akan belajar cara presentasi yang bukan hanya baik dan bagus, tapi amazing, powerful dan mempunyai pengaruh. Dan Steve Jobs merupakan salah satu contoh nyata bagaimana Beliau menyampaikan visinya lewat presentasi yang mempengaruhi dunia. Sebuah produk yang bagus disampaikan lewat presentasi yang menarik dan mempengaruhi akan bisa mengubah cara pandang atau memberikan cara pandang baru, inilah yang dibawakan oleh Steve Jobs. Produk bagus tanpa didukung presentasi yang bagus tidak bisa membuat orang untuk tertarik di awal, boro-boro mau membeli, melihat sekejab saja nggak. SO, penting sekali tehnik presentasi yang bagus, dan Steve Jobs contoh nyata presenter yang bagus sekaligus entrepreneur handal.

Oke. Berikut tips sukses dari mbahnya Apple Corporation : Steve Jobs

1. Bukalah dengan Cerita Sukses.

Steve Jobs tidak pernah membuka presentasinya dengan cerita detail fitur-fitur produknya. Melainkan ia membuka presentasinya dengan cerita sukses produk-produknya. Ia menceritakan kesuksesan Ipod, Macbook dan Iphone di awal presentasi Ipadnya. Nah, baik sekali memulai presentasi launching produk baru dengan kisah sukses produk sebelumnya bila ada. Bila belum ada produk sebelumnya, mulailah dengan visi.

2. Pakailah Kutipan-kutipan yang memperkuat kredibilitas Anda

Pakailah kutipan-kutipan orang2 terkenal atau sumber2 terpercaya yang mendukung atau berhubungan dengan produk anda. Gunakan juga gambar pendukung yang menguatkan kutipan kata2 tadi.

3. Ingatkan konsumen akan kebutuhan dasar mereka.

Konsumen membeli karena mereka butuh. Nah, ingatkan ini, bukan menegaskan fitur produk. Tapi kebutuhan2 apa2 saja yang mereka bisa penuhi dengan produk yang pemirsa sajikan.

4. Gunakan animasi yang tepat untuk menekankan efek emosional.

Konsumen memutuskan itu karena faktor emosi. Gunakanlah animasi yang tepat, apakah itu gambar, video, suara, yang bisa menekankan emosi konsumen.

5. Munculkan peran antagonis, sebelum pahlawan muncul.

Nah, ini trik lama, seperti halnya seorang pemuda yang akan memikat seorang gadis. Begitu pula Steve Jobs menggunakan trik lama ini. Ia memunculkan pelaku antagonis, dalam hal ini, netbook, ketika akan memunculkan produk terbarunya Ipad. Steve Jobs memposisikan netbook sebagai produk komputer yang lamban, layar resolusi rendah dan perangkat PC. Selanjutnya ia memunculkan tokoh pahlawan, yaitu Ipad, produknya yang mengatasi antagonisnya Netbook.

6. Gunakan bahasa tubuh yang tepat

Steve Jobs dalam memaparkan betapa tipisnya produk Ipad dengan mendemonstrasikan memegang Ipad dengan jari-jarinya. Ya, Bahasa tubuh yang tepat sangatlah penting dalam memainkan emosi dan perasaan konsumen.

7. Tunjukkan pada konsumen, bagaimana menggunakan produk sendiri

Ya, Steve Jobs mendemonstrasikan sendiri produknya. Ia menunjukkan langsung bagaimana mudahnya mengoperasikan produk-produk buatannya.

8. Tampilkan fakta yang sudah ada

9. Call to Action

Bagian penting adalah penutup presentasi yang ini. Percuma banyak presentasi, kalau tanpa call to action. Buatlah pendengar atau penonton, pemirsa untuk mengambil tindakan. Setelah melakukan langkah2 di atas, berikan harga produk dan tunjukkan bagaimana harga itu sesungguhnya ada banyak sekali kebutuhan yang bisa terpenuhi.

10. Buat kesimpulan produk dalam satu kalimat.

Ya inilah rahasia sukses Steve Jobs dalam membawakan presentasi yang bukan hanya bagus, tapi juga amazing, powerful dan yang lebih penting lagi mempengaruhi sehingga menghasilkan action. Bagaimana Apple dengan produk2nya bisa mendunia.

Kata Pencarian (Keywords) lain yang dipakai dalam menemukan artikel ini:

cara mempresentasikan produk,cara presentasi,cara presentasi yang menarik,cara mempresentasikan produk baru,cara presentasi produk,cara presentasi yang baik,presentasi produk baru,teknik presentasi yang baik,cara mempresentasikan makalah,cara presentasi produk yang baik,teknik presentasi steve jobs,presentasi yang bagus,contoh cara mempresentasikan produk,ebook tips presentasi yang baik,cara cara presentasi,presentasi yang menarik,tehnik presentasi,tehnik presentasi yang baik