Benarkah gak punya modal Lantas gak bisa berbisnis?

Thursday, November 19th 2009. | Dasar Belajar Bisnis

Kenapa banyak orang belum berbisnis? Coba tanyakan ini pada sahabat, rekan, teman, atau siapapun yang dikenal. Biasanya, dari banyak jawaban yang masuk, sebagian besar adalah karena tidak punya modal. Ya, banyak orang tidak atau belum berbisnis, karena tidak punya modal. Dan biasanya yang dimaksud adalahtidak punya modal uang. Ini alasan terbanyak yang sering dijumpai. Alasan lainnya adalah karena tidak punya pengalaman, atau ada juga yang jawab karena tidak punya bakat. Nah, di artikel kali ini, saya ingin membagikan apakah benar gak punya modal lantas gak bisa berbisnis? Mari kita lihat beberapa contohnya…

Nah, sebelum membaca lanjut, silahkan mendaftar belajar bisnis dulu di pendaftaran. Untuk pendaftarannya Gratis, nanti setelah terdaftar, Anda bisa memilih apakah mau tetap gratis, ataukah mau mengupgrade menjadi member eksklusif belajar bisnis. Silahkan klik di kata Pendaftaran untuk mendaftar belajar bisnis.

Nah, apakah benar gak punya modal (uang) lantas gak bisa berbisnis?

Mungkin pembaca pernah atau tau tentang Primagama? Taukah riwayat perjalanan sukses Primagama? Primagama dimulai dengan tanpa modal uang yang besar, alias modal uang kecil. Namun, memang Purdi Chandra, dalam membangun Primagama, butuh modal, namun yang terbesar adalah modal kepercayaan dan modal pertemanan. Primagama dirintis dengan sebuah tempat belajar yang merupakan hasil kerjasama antara Purdi dkk dengan pemilik tempat. Purdi mengajak ibu pemilik tempat bekerja sama, yaitu uang sewa dibayar setelah ada siswa. Jadi Purdi tidak mengeluarkan modal uang untuk menyewa tempat itu, ya karena waktu itu Purdi masih seorang mahasiswa. Dengan bermodalkan kepercayaan dari ibu pemilik tempat belajar itu, Purdi bisa mulai menjalankan usahanya, dan dari uang belajar siswa, akhirnya Purdi barulah membayar sewa. Ini kisah awal berdirinya Primagama, sebuah bimbingan belajar nasional. Ini salah satu contoh saja, ada banyak wirausaha atau pebisnis sukses yang memulai usaha dari modal kemauan kuat, kepercayaan, keyakinan dan pertemanan. Modal-modal ini jauh lebih kuat peranannya daripada modal uang. Percuma punya banyak modal uang, kalau gak dipercaya oleh rekan usaha atau konsumen.

Mau tau lebih lengkap tentang Modal-modal apa saja yang dibutuhkan untuk membuka sebuah usaha dengan modal uang kecil? Mau kan menjadi wirausaha sukses? Lebih lanjut, saya tuliskan di Buku Buka-bukaan Rahasia Sukses Bisnis.

Peluang menjadi wirausaha di Indonesia, negara tercinta ini, masih amatlah besar. Banyak orang minat jadi pegawai, sedikit sekali yang baru menjadi wirausaha atau pebisnis. Kesempatan membentang lebar. Sumber daya alam dan manusia amatlah banyak di sini. Kenapa masih memilih di kuadran kiri kalau ada kuadran kanan yang jauh lebih baik? Dengan membuka usaha dan menjadi wirausaha, artinya membuka lapangan kerja bagi orang lain. Yok, ajak sahabat, rekan, teman, belajar bisnis dan wirausaha.

Kata Pencarian (Keywords) lain yang dipakai dalam menemukan artikel ini:

tidak punya modal,gak punya modal,punya modal,www Pudiantara com,bisnis gak punya modal,padgosadex,tips membuka bimbingan belajar,perjalanan sukses wirausaha nasional,kisah berdirinya primagama,artikel perjalanan sukses wirausaha,pnya tempat gak ada modal,gak punya uang,kerjasama usaha ga ada modaal,punya kesempatan tapi tidak punya modal,punya modal tapi tidak bisa buka usaha,buka usaha tapi gak punya modal,saya punya tempat tapi tidak punya modal,saya punya tempat tapi tak punya modal
tags: , , , , ,