Belajar Marketing dari Seorang Steve Jobs

Friday, December 9th 2011. | Buka Pikiran dan Sikap Wirausaha

Bagi para penggemar gadget, siapa yang tidak kenal dengan Steve Jobs? Tokoh revolusioner penggagas ide-ide dan pencipta produk-produk unggulan spektakuler di Apple inilah yang menciptakan produk Ipod, Iphone, Mac dan Ipad. Nah, di sesi ini kita akan belajar tips marketing yang powerful dari seorang Steve Jobs, bagaimana beliau membawa Apple perusahaan yang dipimpinnya menjadi sebuah perusahaan yang fenomenal di dunia. Apa dan bagaimana strategi marketing serta keputusan-keputusan marketing yang harus diambilnya yang bisa membuatnya dan juga perusahaan apalagi produk-produk yang dihasilkannya dari buah pemikirannya bisa mengglobal bahkan digilai oleh kalangan gadgeter dunia? Yukkk… sama2 merendahkan hati dan ego untuk belajar dari Steve Jobs..

ya, Steve Jobs melakukan langkah pertamanya ketika masuk ke Apple adalah dengan memangkas item produk yang dihasilkan oleh perusahaan itu. Steve Jobs mengurangi jumlah produk Apple, bahkan ia memutuskan untuk benar-benar menghasilkan sebuah produk yang benar-benar dibutuhkan oleh konsumen. Ya, FOKUS! Inilah strategi marketing begawan Apple ini. Daripada memiliki banyak produk yang tidak dikenal, ia memilih memiliki satu produk yang dikenal global. Ia tidak hanya menciptakan produk yang dibutuhkan konsumen, namun langkahnya jauh lebih maju. Inovasi merupakan ciri khas pemikiran Steve Jobs. Ia menghasilkan produk yang selangkah lebih maju, yang tidak pernah terpikirkan oleh konsumennya dan juga saingannya. Ipod merupakan produk pertama Jobs yang terkenal  yang memberikan cara baru bukan hanya mendengarkan musik, tapi membawa puluhan lagu bahkan ratusan hingga ribuan lagu dalam sebuah perangkat musik sederhana dan simple. Pesaing di bidang tehnologi musik saat itu, Sony terkenal dengan walkmannya. Namun Jobs menyajikan cara penyimpanan sekaligus mendengarkan lagu dalam format MP3 di sebuah perangkat kecil sederhana portable, sebuah inovasi, namun mudah digunakan. Inilah ciri khas marketing Steve Jobs. Fokus dan Inovasi! Produk yang dihasilkan simpel, mudah digunakan.

Jobs tidak hanya pemikirannya yang penuh inovasi-inovasi, namun beliau juga luar biasa dalam menyajikannya di hadapan para investor, penggemar gadget, media dan bahkan dunia. Penyajian dan presentasi yang menarik dan amazing serta penuh pengaruh dan mempesona juga membuat marketingnya berjalan sempurna. Nah, kita akan belajar tips dan trik Presentasi yang Amazing dan Powerful dari Steve Jobs lagi Bagaimana Beliau bisa mempengaruhi Dunia khususnya Dunia Gadget dan Tehnologi, di sesi berikutnya..

 

 

 

Kata Pencarian (Keywords) lain yang dipakai dalam menemukan artikel ini:

belajar marketing,tips dan trik marketing,strategi bisnis Steve jobs,Trik Marketing,trik-trik marketing,kumpulan trik marketing,belajar dari steve job,cara marketing steve jobs,kiat sukses steve jobs,trik trik marketing,strategi marketing steve jobs,teknik marketing steve jobs,rahasia marketing steve jobs,pemasaran steve jobs,marketing apple,ebook trik marketing,strategi steve jobs,steve jobs pengusaha
tags: , ,