Bagaimana Membuat Bisnis Anda Jalan, Andanya Jalan-jalan

Thursday, September 13th 2012. | Kiat dan Rahasia Wirausaha Sukses

Halo para mahasiswa bisnis, ataupun calon wirausaha, ataupun yang sudah memiliki usaha. Pakabarnya? Nah, saya mau sharing pengalaman dan pembelajaran yang saya dapatkan dulu. Banyak dari pelaku usaha khususnya UKM seringkali merasa sudah memiliki bisnis, namun ternyata baru memiliki usaha, belum menjadi sebuah bisnis. Seseorang disebut sudah memiliki bisnis, apabila usahanya bisa ditinggalkan oleh pemiliknya/pelaku usahanya dan usaha itu tetap berjalan tanpa kehadirannya. Ya, sama seperti judul artikel sharing ini, Bagaimana membuat bisnis anda jalan, dan andanya bisa jalan-jalan.

Sebuah contoh yang sederhana, mari bandingkan warung/toko tradisional dengan mini market modern yang berbentuk waralaba. Warung tradisional dikelola oleh perseorangan biasanya, dan pemiliknya harus tetap hadir di tiap kali operasional warung atau tokonya. Sedangkan sebuah mini market modern waralaba dikelola secara profesional oleh sebuah team kerja tanpa menuntut kehadiran pemilik usahanya. Nah, yang membedakannya adalah adanya sistem bisnis pada mini market modern waralaba ini. Sistem bisnis inilah yang bisa membuat bisnis jalan dan pemiliknya jalan-jalan.

Nah, bagaimana caranya membuat sistem dalam bisnis? Tentunya dibutuhkan investasi baik waktu, tenaga, pikiran dan uang untuk membuat sistem dari sebuah usaha. Namun, hasil yang didapatkan bisa membuat usaha bisa berjalan walau tanpa kehadiran pemiliknya.

Kata Pencarian (Keywords) lain yang dipakai dalam menemukan artikel ini:

cara membuat sistem bisnis tradisional,universitasbisnis com,persiapan bikin usaha empek,belajar manajemen minimarket,puskopak,bisnis jalan owner jalan-jalan,bisnis jalan pemilik jalan jalan,bisnis jalan yang punya jalan jalan,bisnis tanpa menuntut kehadiran,cara manajemen toko tanpa kehadiran pemiliknya,manajemen minimarket kumpulan tips,usaha jalan pemilik jalan jalan,bagaimana membuat bisnis jalan,usaha jalan pemiliknya jalan-jalan,modul wirausaha ttg sistem usaha princess,www cara management toko tanpa pemilik com,membuat bisnis jalan pemilik jalan-jalan,manajemen warung tradisional