Atur Dulu Yang Ini, Sebelum Memulai Wirausaha

Friday, December 25th 2009. | Manajemen Strategi Bisnis

Banyak orang ingin memulai wirausaha, ini bagus sekali. Kalau ngomong soal usaha, ini artinya kita ngomong juga soal uang atau keuangan. Sebuah usaha akan berjalan baik apabila lancar di dalam soal keuangan. Istilah kerennya adanya Cashflow atau arus kas. Soal modal usaha, seberapa besar modal usaha, akan habis juga apabila tidak adanya cashflow yang bagus. Perlu sekali mengelola aliran uang yang bagus untuk sebuah usaha. Nah, untuk latihan awal bagi seorang calon wirausaha atau entrepreneur baru, apa yang bisa dilakukan?Seorang calon wirausaha bisa dengan mulai mengatur keuangan pribadi. Soal mengatur keuangan pribadi, ini penting sekali. Bagaimana mengelola keuangan pribadi, sayangnya tidak diajarkan di bangku kuliah. Seorang mahasiswa jurusan ekonomi diajarkan membuat laporan keuangan atau jurnal keuangan perusahaan orang lain, dimana dia menjadi pekerja di dalamnya  dan tidak diajarkan bagaimana cara membuat laporan keuangan sebagaimana layaknya dia seorang pemilik perusahaan. Inilah kekurangan sistem pendidikan kampus. Mahasiswa dididik menjadi seorang karyawan yang mengerjakan laporan keuangan perusahaan orang, bukan membuat laporan keuangan bakal perusahaan yang ia akan bangun.

Mengenai keuangan ini, pemirsa bisa memulai dengan mengatur keuangan pribadi, bagaimana mengelola uang gaji yang didapat dengan lebih bijaksana. Uang akan bersahabat baik apabila dikelola dengan benar. Uang akan bisa berlipat apabila dikelola dengan pintar. Mengenai tehnis dan caranya, akan saya bagikan di Paket video modul sukses wirausaha sebagai tambahan paket dari 12 Video yang sudah ada.

Inti sukses dalam mengelola keuangan adalah terletak di komitmen anda. Dengan mulai membuat laporan keuangan pribadi dan manajemen keuangan pribadi, seorang calon wirausaha akan terbiasa nantinya membuat laporan keuangan dalam lingkup yang lebih besar dan mengelola manajemen keuangan perusahaan yang ia bangun nantinya.

Bagaimana cara mengelola keuangan, dibahas di dalam Video Modul Sukses Wirausaha.

Kata Pencarian (Keywords) lain yang dipakai dalam menemukan artikel ini:

mengelola keuangan usaha,cara mengatur keuangan usaha,mengatur keuangan usaha,mengelola keuangan perusahaan,mengatur keuangan perusahaan,cara mengatur keuangan perusahaan,cara mengelola keuangan usaha,cara mengelola keuangan perusahaan,mengelola keuangan usaha kecil,mengatur keuangan usaha kecil,pengelolaan keuangan perusahaan,cara mengatur keuangan usaha kecil,manajemen keuangan usaha kecil,manajemen keuangan usaha,cara mengatur keuangan bisnis,tips mengelola keuangan perusahaan,mengelola keuangan bisnis