Apa yang Anda Lakukan Bila Berada di Posisi Ini?

Monday, December 27th 2010. | Kepemimpinan

Sukses tidaknya usaha seseorang ditentukan juga oleh salah satu faktor ini : kepemimpinan. Salah seorang pakar kepemimpinan John C Maxwell bilang : Maju Mundurnya Sebuah Negara tergantung pada Visinya. Nah, Visi itu sendiri merupakan bagian utama kepemimpinan. Nah, di artikel belajar bisnis kali ini, kita akan ngobrol tentang kepemimpinan dalam bisnis. Ya, ngobrol saja, bukankah orang2 bisnis itu adalah orang2 yang ngobrol, haha.. Oke, ini ceritanya..

Di sebuah pulau di tengah laut, ada sebuah pemukiman penduduk yang jumlahnya tidak terlalu banyak. Pulau ini belum dimasuki listrik (belum ada PLN nya), sehingga penerangan masih menggunakan lampu berbahan bakar minyak. Pulau ini juga memiliki sebuah mercu suar yang sangatlah berguna untuk memberikan penerangan dan panduan agar kapal-kapal yang melewati laut tidak menghantam pulau tersebut.

Suatu hari, terjadi krisis bahan bakar di pulau ini. Untunglah beberapa rumah mempunyai persediaan bahan bakar. Namun, ada seorang bapak yang kehabisan minyak. Bapak ini pun bingung mencari bahan bakar. Tempat ia biasa membeli bahan bakar tidak menjual lagi, karena juga sudah tidak ada stock. “Aha.. di mercu suar ada banyak bahan bakar..” Ia pun menuju ke sana dan menjumpai penjaga.

“Bapak.. tolonglah saya.. saya butuh minyak untuk lampu minyak di rumah saya. Minta sedikit saja, saya sudah berusaha mencari kemana2, namun tidak ada seorang pun yang menjual minyak lampu..”

“Maaf pak.. Bukannya saya tidak mau memberikan minyak lampu pada bapak. Namun, mercu suar di pulau kita ini membutuhkan minyak lampu agar tetap menyala untuk bisa memberikan petunjuk pada kapal2 yg lewat agar tidak menabrak pulau kecil tempat tinggal kita ini. Minyak yang ada di mercu suar ini juga minyak cadangan”

“Tolonglah pak… Saya minta tolong pada bapak, untuk minta sedikit saja..”

“Maaf pak.. Beribu maaf, tidak bisa..”

“Wah.. bapak kok tega sekali sama saya.. Hanya saya yang minta pak.. Jadi tidak akan menghabiskan cadangan minyak yang ada di sini..”

Apa yang pemirsa lalukan bila pemirsa yang menjadi penjaga mercu suarnya?

Mau tau kelanjutan kisah ini?

Kelanjutan artikel ini hanya bisa dibaca oleh Premium Member, silahkan login disini dulu

tags: , , , ,